Apakah Steker Mesin Fotocopy Dilepas, Ketika Mesin Dimatikan?

Daftar isi [Tampil]
Apakah Steker Mesin Fotocopy Dilepas, Ketika Mesin Dimatikan? - Mempunyai mesin fotocopy memang harus hati-hati dalam hal perawatannya, karena mengingat harganya yang tidak murah. Tidak sedikit mereka yang rela mengkredit mesin fotocopy agar bisa memilikinya. Tentu Anda tidak ingin mesin fotocopy yang sudah dibeli atau dikredit rusak begitu saja hanya karena minim pengetahuan akan perawatannya.

Apakah Steker Mesin Fotocopy Dilepas, Ketika Mesin Dimatikan?


Bagi mereka yang telah lama berkecimpung didunia mesin fotocopy, hal-hal tentang perawatan mesin fotocopy sepertinya sudah begitu paham, tetapi beda ceritanya bagi yang baru terjun di dunia mesin fotocopy. Sebagian besar mesin fotocopy di Indonesia digunakan untuk sebuah jasa yang sering dijumpai di dekat jalan raya, dekat sekolahan, dekat kampus dan dekat kantor instansi pemerintahan.

Pengetahuan tentang tata cara mengoperasikan mesin fotocopy memang sangat diperlukan, salah satunya adalah tentang steker (colokan listrik) mesin fotocopy dilepas apa dibiarkan menancap pada soket (stopkontak), ketika mesin dimatikan.


Nah, menurut pengalaman saya yang telah berkecimpung didunia mesin fotocopy selama kurang lebih 10 tahun, steker yang paling benar adalah dibiarkan menancap pada soket, ketika mesin fotocopy dimatikan. Mungkin Anda akan bertanya demikian, "Kenapa harus dibiarkan menancap Pak?" Jawabannya adalah agar drum mesin fotocopy Anda tidak dingin/lembab. Jika drum fotocopy Anda dingin/lembab, maka hasil cetak fotocopy akan terlihat seperti kabur atau tulisannya sulit untuk dibaca (tidak sesuai dengan master/aslinya).


Perlu untuk diketahui bahwasannya harga drum mesin fotocopy itu paling mahal di antara sparepart lainnya, baik itu merk Canon, Xerox, Konica Minolta dan lain sebagainya. Untuk itulah perlunya pengetahuan tentang cara mengoperasikan mesin fotocopy, seperti halnya tentang drum mesin fotocopy ini.

Sebenarnya teknik seperti ini sama dengan cara merawat printer biasa, yang mana steker (colokan listrik) printer selalu tertancap pada soket (stopkontak), agar tinta printer tidak macet/putus-putus ditengah selang infus. Steker printer saya selalu saya biarkan tertancap pada soket, Alhamdulillah selalu awet sampai bertahun-tahun tanpa mengalami masalah.

Demikianlah informasi dari saya mengenai Apakah Steker (Colokan) Mesin Fotocopy Dilepas, Ketika Mesin Dimatikan? 

Semoga dengan adanya tulisan ini maka dapat menambah wawasan Anda tentang seputar dunia mesin fotocopy. Semoga bermanfaat.

3 Responses to "Apakah Steker Mesin Fotocopy Dilepas, Ketika Mesin Dimatikan?"

  1. bang, itu stekernya dalam keadaan on atau off.?
    trus kalau ada petir apakah mesin fotokopy bisa terkena petir?
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin fotocopy dalam keadaan off bang, tapi steker dalam keadaan menancap ke soket (colokan). Ini dimaksudkan agar drum mesin fotocopy tidak lembab.

      Delete
  2. Iya Bang Zacky satu lg pertanyaan Zetaculant yg blm dijawab, kalau ada PETIR gimana ? ... Ditunggu jawabannya, Trims.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Silakan Subscribe Channel Saya